Hubungan obesitas dengan peningkatan kadar gula darah

Tujuan Khusus a. Wicaksono, Rd. Prinsip pemeriksaan glukosa adalah enzimatik dengan hexokinase. Blood pressure was measured using sphygnomanometer. Epidemic Obesity And the Metabolic Syndrome. Mekanisme Dasar dan Pengelolaannya yang rasional. Sebelum pengambilan data, penelitian ini telah mendapat izin dari Komite Etika Medik Fakultas 7 Hubungan Lingkar Pinggang dengan kadar gula darah, trigliserida, dan tekanan darah Kedokteran Universitas Andalas melalui sidang Komite Etika Medik pada tanggal 12 Februari Diabetes care.

Perbedaan yang didapat kemungkinan dikarenakan perbedaan responden laki-laki dan perempuan yang cukup besar, dengan responden wanita 76 orang dan laki-laki hanya 16 orang, dimana kadar HDL pada wanita diketahui memang lebih tinggi dibandingkan kadar HDL pria. Gaya hidup tentu berperan dalam hal ini terutama obesitas dan stress.

World Health Organization. Insulin memasukkan gula ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energi atau disimpan sebagai cadangan energi.

Fathmi, Ain. Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung. Daftar Pustaka 1.

Hubungan Lingkar Pinggang Dengan Kadar Gula Darah

Keseimbangan energi positif yang terjadi dari asupan makanan berlebihan terutama berasal dari kelebihanasupan energi dan sumber karbohidrat, sehingga terjadi akumulasi lemak berlebihan di jaringan adiposaabdominal Pada orang obesitas diketahui terjadi berbagai gangguan metabolisme diantaranya diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, penyakit jantung, dan batu empedu.

World Health Organization WHO tahun 6 mengeluarkan definisi sindroma metabolik yaitukelainan metabolik meliputi hipertensi, hiperlipidemia, obesitas general dan sentral dan mikroalbuminuria. Mengidentifikasi kejadian obesitas di Banjar Medahan, Gianyar b.

Konsekuensi resistensi insulin akan menimbulkan hiperinsulinemia pada stadium pertama yaitu kompensasi dimana keadaan normoglikemik masih mampu dipertahankan, dan kedua stadium dekompensasi, dimana insulin tidak mampu mempertahankan keadaan normoglikemik sedangkan pankreas masih dalam keadaan hipersekresi sehingga terjadi hiperinsulinemia hiperglikemik.

Diharapkan kepada petugas kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama dengan kelompok usia yang beresiko agar dapat menjaga pola hidupnya terutama mencegah terjadinya obesitas.

Kaban, Sempakata.

Contoh Skripsi Kedokteran:Hubungan Obesitas dengan Peningkatan Kadar Gula Darah pada Guru-Guru

Reseptor insulin adalah suatu tirosin kinase yang memicu sejumlah respon intrasel yang mengarah jalur metabolisme. Subjek secara bergantian menjalani pengambilan darah sebanyak 5 ml, setelah dipuasakan jam sebelumnya.

Bila tak dikendalikan hal itu bisa berkembang menjadi diabetes mellitus Wibudi, Mahalnya biaya pengobatan mengakibatkan tidak semua masyarakat mendapatkanpelayanan yang optimal.

Kondisi ini juga didapatkan pada penderita DM dimana hiperglikemia kronis dan resistensi insulin memegang peranan penting dalam meningkatkan aktivitas sitokin proinflamasi. Bagi dietesienDapat dijadikan bahan untuk memberikan diagnosisBagi penelitiDapat dijadikan panduan untuk penelitian selanjutnya Related Search.

Rata-rata kadar trigliserida, HDL kolesterol, glukosa plasma, tekanan darah responden masih dalam kadar normal. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan nilai rata-rata yang bermakna pada IMT, tekanan darah sistolik, kolesterol total, kolesterol HDL dan log adiponektin.

Obesitas sentral meningkat dengan usia dan menurun dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi pada kedua jenis kelamin. Uji Chi Square digunakan untuk melihat hubungan dua variabel kategorik seperti antara lingkar pinggang, asupan energi, karbohidrat, serat, kolesterol, dan omega 3 dengan kategori sindroma metabolik.

Hal ini bisa menimbulkan gangguan toleransi glukosa dan bahkan DM tipe 2. EGC Bustan, Najib. Oleh karena itu, usaha pencegahan dini untuk penyulit tersebut diperlukan dan diharapkan sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya berbagai hal yang tidak menguntungkan.

Lakka, H.

Download Skripsi Kedokteran:Hubungan Obesitas dengan Peningkatan Kadar Gula Darah

Duta Nugraha. Adapun perbedaan dengan penelitian yang akan peneliti lakukan adalah sampel penelitian dimana penelitian yang dilakukan oleh Wira Gotera menggunakan sampel lansia sedang pada penelitian ini menggunakan sampel penduduk dewasa umur tahun.

Himpunan faktor risiko penyakit kardiovaskular yang berada bersama-sama sehingga meningkatkan risiko kejadian maupun kematian oleh penyakit kardiovaskular disebut sindroma metabolik Sistem simpatis umumnya bersifat katabolik, mengeluarkan energi flight or flight sistem ini meningkatkan frekuensi jantung, mendilatasi bronki, dan mengurangi sekresi.

Besarnya risiko menderita penyakit-penyakit ini sebanding dengan besar penumpukan lemak yang terjadi dan lingkar perut yang besar merupakan peringatan adanya peningkatan risiko diabetes mellitus Aris Wibudi, Hal ini membuktikan bahwa pemeriksaan lingkar pinggang dapat digunakan sebagai pemeriksaan uji saring yang mudah, murah dan berguna untuk mendeteksi sindroma metabolik Inflamasi jaringan adiposit merupakan gerbang awal menuju komplikasi metabolik dan kardioserebrovaskuler pada penderita obesitas.hubungan indeks massa tubuh dengan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2 di rumah sakit umum daerah karanganyar naskah publikasi.

a. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan kepada keluarga dalam memahami pentingnya hubungan obesitas sentral dengan kadar gula darah.

b. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai data/ informasi bagi masyarakat yang mengalami obesitas. Peningkatan kadar gula darah disertai dengan penurunan aksi insulin ini akan mencetuskan gangguan metabolisme berupa diabetes melitus (DM).

Menurut Edelstein () dalam Dalimunthe (), pada awalnya resistensi insulin belum menyebabkan diabetes klinis, dimana sel β pankreas masih dapat mengkompensasi, sehingga terjadi hiperinsulinemia dengan kadar glukosa darah masih normal atau.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan ada hubungan antara faktor usia dan obesitas dengan kejadian DM. Diharapkan kepada petugas kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama dengan kelompok usia yang beresiko agar dapat menjaga pola hidupnya terutama mencegah terjadinya festival-decazeville.com: Putri Dafriani.

HUBUNGAN LINGKAR PINGGANG DENGAN KADAR GULA DARAH, TRIGLISERIDA, DAN TEKANAN DARAH BAB I PENDAHULUAN Penyakit kardiovaskular menempati urutan pertama penyebab kematian di Indonesia meskipun pengobatan di bidang ini maju pesat.

· BAB 1 PENDAHULUAN Latar Belakang Obesitas didefinisikan sebagai keadaan patologis sebagai akibat akumulasi lemak berlebihan dalam tubuh dengan peningkatan berat badan melebihi batas kebutuhan skeletal dan fisik (Dorland, ).

Hubungan obesitas dengan peningkatan kadar gula darah
Rated 0/5 based on 90 review