Leaflet diet penyakit tb paru pdf

Kapita Selekta Kedokteran Jilid I. Efek ini dapat dikurangi dengan pemberian piridoksin dengan dosis mg perhari atau dengan vitamin B kompleks. Dengan penduduk lebih dari juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam hal jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar di dunia.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Setelah berada diruang alveolus biasanya dibagian bawah lobus atas paru- paru atau dibagian atas lobus bawah, basil tuberkel ini membangkitkan reaksi peradangan. Energi yang didapat dari makanan tersebut digunakan sebagai bahan bakar sel-sel dalam tubuh untuk melakukan tugasnya. Doenges, 8 Pola peran — hubungan Penderita dengan TB paru akan mengalami gangguan dalam hal hubungan dan peran yang dikarenakan adanya isolasi untuk menghindari penularan terhadap anggota keluarga yang lain.

Pencatatan dan pelaporan yang baku. Menggunakan isoniazid INH 3.

LEAFLET TB.ppt

Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh Anda kuat dalam melawan infeksi sebagai penyebab TBC. Beberapa kebiasaan yang harus Anda kurangi atau hindari saat menderita TBC adalah: Bila partikel infeksi ini terhisap oleh orang sehat akan menempel pada jalan nafas atau paru- paru.

Semua sumber protein diperbolehkan seperti telur, ayam, daging ikan susu, tempe, tahu, kacang-kacangan, dsb. Paduan obat yang digunakan terdiri dari obat utama dan obat tambahan. Bahkan, Indonesia adalah negara ketiga terbesar dengan masalah TBC di dunia.

Bagaimana Etiologi penyakit TB Paru? Adanya infeksi dapat dibuktikan dengan terjadinya perubahan reaksi tuberkulin dari negatif menjadi positif. Dengan fase selama 2 x seminggu, dengan lama pengobatan kesembuhan menjadi bulan.

Dx 5 Nyeri akut berhubungan dengan inflamasi paru, batuk menetap Tujuan: Risiko efek samping tersebut akan meningkat seiring dengan peningkatan dosis yang digunakan dan umur pasien.

Makanan berminyak seperti gorengan ini sangat tinggi kandungan lemak jenuhnya, yang dapat memperburuk gejala yang menyertai TBC serta membuat peradangan semakin parah. Mereka yang kontak dekat dengan seorang yang mempunyai TB aktif 2. Tipe imunitas seperti ini basanya lokal, melibatkan makrofag yang diaktifkan ditempat infeksi oleh limposit dan limfokinnya.

Bila mengenai pleura, paru yang sakit terlihat agak tertinggal dalam pernapasan. Untuk mengetahui keadaan umum klien karena reaksi demam indikator adanya infeksi lanjut. Kolaborasi dalam pemberian analgesik sesuai indikasi Obat ini dapat digunakan untuk menekan batuk non produktif, meningkatkan kenyamanan Dx 6 Hipertermi berhubungan dengan proses inflamasi aktif.

Untuk mengetahui penyakit TB Paru 2. Adanya komitmen politis berupa dukungan pengambil keputusan dalam penanggulangan TB. Setiap tahun. Gejala efek samping yang terlihat ialah telinga mendenging tinituspusing dan kehilangan keseimbangan. Penyuluhan kepada masyarakat apa itu TBC 2.

Jelaskan tentang efek samping obat: Menetapkan kemampuan atau kebutuhan pasien memudahkan pemilihan intervensi 2. Sel efektornya adalah makrofag sedangkan limfosit biasanya sel T adalah imunoresponsifnya.

Leaflet Tbc n Etika Batuk

Diagnosis TB melalui pemeriksaan dahak secara mikroskopik langsung sedang pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan radiologis dan kultur dapat dilaksanakan di unit pelayanan yang memiliki sarana tersebut.

Nilai rendah menunjukkan malnutrisi dan perubahan program terapi. Protein digunakan tubuh untuk mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan dan juga untuk menjaga berat badan pasien agar masih dalam rentang normal.

Pada keadaan tersebut pengobatan dapat diteruskan. Bakteri ini bila sering masuk dan terkumpul di dalam paru-paru akan berkembang biak menjadi banyak terutama pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendahdan dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.Tuberkulosis Paru (TB Paru) adalah penyakit infeksius, yang terutama menyerang parenkim paru.

(Smeltzer, ). Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobakterium Tuberculosa yang merupakan bakteri batang tahan asam, dapat merupakan organisme patogen atau saprofit (Sylvia Anderson, ).

Tuberkulosis adalah penyakit infeksius, yang terutama menyerang parenkim paru. Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteriMikobakterium tuberkulosa.

Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru.

Salah satu penyabab munculnya penyakit TBC adalah kekurangan gizi seperti mineral dan vitamin.

Kumpulan Brosur Diet

Maka dari itu akan sangat penting bilamana penderita secara rutin mengkonsumsi makanan bergizi, makanan bergizi tersebut seperti buah, sayur dan ikan laut.

Penyakit Tb paru Lebih dominan terjadi pada masyarakat yang status gizi rendah karena sistem imun yang lemah sehingga memudahkan kuman Tb Masuk dan berkembang biak 3,4.

Brosur Diet untuk Anak dengan Berat Badan Kurang. Brosur Diet Rendah Lemak dan Kholesterol. Brosur Diet Protein Rendah untuk Penyakit Ginjal Kronik. kasus 3 (tb paru) KASUS 3 (TB PARU) Tn. M. Irmansyah, Jenis Kelamin Laki-Laki, Umur 52 tahun, masuk rumah sakit pada tanggal 3 AprilTBBB 40 kg, di diagnose TB Paru, Anorexia.

Leaflet diet penyakit tb paru pdf
Rated 3/5 based on 66 review